Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

BLT DANA DESA SUDAH CAIR, KADES GUNUNGHEJO HIMBAU UNTUK BIJAK MENGELOLA UANG

BLT DANA DESA SUDAH CAIR, KADES GUNUNGHEJO HIMBAU UNTUK BIJAK MENGELOLA UANG

Gununghejo, 14 September 2023 – Pada hari Senin, 11 September 2023, Desa Gununghejo melaksanakan penyaluran BLT-DD kepada 60 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bertempat di Kantor Desa Gununghejo dan juga langsung mendatangi ke rumah masyarakat lanjut usia yang sakit. Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK 07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, yang didalamnya tertuang mengenai penyaluran BLT-DD.

BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Besaran dana yang diberikan adalah Rp300.000,00 tiap bulannya selama 3 bulan, terhitung dari bulan Apri, Mei, dan Juni bagi 60 KPM yang telah ditetapkan dan sudah memenuhi kriteria. Adapun kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 adalah sebagai berikut.

Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error).

  1. Mengalami kehilangan mata pencaharian
  2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel
  3. Tidak mendapatkan bantuan sosial program keluarga harapan;
  4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, atau penyandang disabilitas

“Bantuan yang disalurkan ini diharapkan dipergunakan sebaik mungkin untuk membantu perekonomian Masyarakat Gununghejo dan bantuan ini disalurkan kepada Masyarakat tanpa adanya pemotongan biaya apapun jadi jikalau ada aparat yang meminta biaya lain jangan ragu untuk laporkan hal tersebut” ungkap Sumaryo, Kades Gununghejo dalam sambutannya.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat sebagai modal usaha ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari sehingga dapat memberikan impact yang positif terhadap perekonomian di Desa Gununghejo.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *