Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Pelatihan Webdesaku Desa Gununghejo.

Pelatihan Webdesaku Desa Gununghejo.

Rabu, 10 Agustus 2022

Berita yang biasa kita baca sehari-hari baik secara cetak maupun secara digital pada dasarnya memiliki isi dan tujuan yakni memberi informasi untuk pembaca. Berita merupakan salah satu produk jurnalistik yang mudah ditemui, apalagi di tengah majunya zaman dan teknologi seperti saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kapasitas Operator Webdesaku yang ada dimasing-masing Desa guna mendukung optimalisasi program dimaksud.

Bertempat di Bale Maya Datar Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta, seluruh Operator Webdesaku yang berjumlah kurang lebih 63 Desa dari enam kecamatan yaitu Bungursari, Darangdan, Babakancikao, Cibatu,Sukasari, dan Bojong. Mengikuti bimbingan teknis terkait pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan rating dan popularitas Desa masing-masing. Pula dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika  selaku fasilitator kegiatan tersebut.

"Dalam pembuatan berita yang mencakup informasi untuk khalayak umum, maka setidaknya para penulis berita harus memperhatikan penggunaan 5W + 1H". Ujar Adi Kurniawan Tarigan selaku Senior Jurnalis yang turut menghadiri acara tersebut sebagai Pemateri tentang jurnalistik

5W + 1H adalah rumus yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mencari inti pokok berita, mengembangkan berita atau sebuah cerita. 5W + 1H sendiri diambil dari kata-kata tanya dalam bahasa Inggris seperti, What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (dimana) dan How (bagaimana)

Pelatihan jurnalistik ini sangat penting karena jika jurnalis tidak bisa menulis berita dengan baik maka berbagai informasi penting, terkhusus kegiatan/program desa tidak akan mampu terjangkau ke masyarakat umum. Demikian pula dalam pengelolaan Webdesaku harus dikelola secara maksimal dan penuh tanggung jawab. Seperti yang disampaikan oleh Adi Kurniawan Tarigan  selaku Jurnalis.

"Operator webdesaku harus memiliki semangat dan konsistensi dalam memuat berbagai informasi yang ada di webdesaku".

 

Komentar

hileaby
Rabu, 05 April 2023 11:57

Make sure to download my free guide to optimal sleep to learn more <a href=http://lasix.beauty>lasix and alcohol</a>

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *